Begin Again - Berani Mengambil Pilihan Berisiko demi 'Move-On'

20.7.18

Halo, Kawans!

Sudah lama enggak isi blog, padahal banyak draft yang bisa dikembangin. Saya keteteran sama pekerjaan baru, proyekan promosi buku serta event, plus Ninjaboys yang makin sering menuntut perhatian. Jadilah saya kembali ngalong buat nulis. Untungnya ada sesi review rutin di salah satu komunitas menulis yang saya ikuti, jadi saya bisa ambil mentahan dari situ untuk dirapikan dan posting di sini.
Kali ini, saya akan kembali mengulas film. Bukan film baru, tetapi ini adalah salah satu film romantis favorit dan enggak ragu buat menonton ulang beberapa kali. Siap ikut terhipnotis dan baper sama film keren ini?




-----
Judul : Begin Again
Sutradara : John Carney
Penulis skenario : John Carney
Produser : Anthony Bregman, Tobin Armbrust, Judd Apatow
Genre : drama, musikal
Pemeran : Keira Knightley, Mark Ruffalo, Hailee Steinfeld, Adam Levine, James Corden


Produksi : Exclusive Media, Sycamore Pictures, Black Label Media, Likely Story, Apatow Productions
Distribusi : The Weinstein Company
Durasi : 104 menit
Rilis : September 2013 (Toronto International Film Festival), Juni 2014 (komersial)
-----

SINOPSIS

Dan Mulligan (Mark Ruffalo) berada di titik terendah hidupnya. Pernikahannya nyaris kandas, kariernya di tepi jurang karena kebiasaannya menenggak miras terlalu banyak, dan ia benci setengah mati dengan kantornya. Sebagai produser musik di sebuah label ternama, Dan punya idealisme untuk mengasah musisi yang memang berbakat, bukan hanya demi kepentingan komersil belaka. Sayang, atasannya berpikiran lain.
Di tengah frustrasinya, Dan bertemu dengan Gretta James (Keira Knightley) di sebuah pub kecil kota New York. Pertunjukan “open mic” Gretta tak mendapat perhatian penonton, kecuali Dan. Ia menangkap potensi dari musikalitas dan orisinilitas Si Gadis Inggris yang sepertinya belum sadar dirinya bisa menjadi bintang.

Gretta, si musisi orisinil :)

Dan mendekati Gretta dan menguak sebuah fakta mengejutkan. Gretta adalah mantan pacar Dave Kohl (Adam Levine), seorang penyanyi pria tampan yang sedang naik daun. Bahkan, lagu-lagu Dave banyak berasal dari tangan dingin Gretta sebagai pencipta lagu. Popularitas yang meroket membuat Dave berselingkuh, baik dari semangat asli musik yang diciptakannya bersama Gretta maupun dari komitmen hubungan mereka.

Two talented musicians and (used to be) lovers, Gretta and Dave

Gretta yang terpuruk, tadinya hendak kembali ke Inggris setelah menumpang tinggal bersama sahabatnya, Steve (James Corden). Namun, Dan mendesak Gretta untuk mencoba peruntungan menawarkan demo ke label tempatnya bekerja. Gretta menyanggupi, meskipun akhirnya kecewa karena lagi-lagi idealismenya berbenturan dengan selera pasar.

BFF Gretta and Steve

Akhirnya, Dan mengambil jalan sendiri. Ia menawari memproduseri album “indie” Gretta, dengan merekam lagu-lagu Gretta di seantero New York. Rekaman dilakukan secara sembunyi-sembunyi, melibatkan musisi-musisi non profesional yang direkrut mendadak, namun punya bakat luar biasa. 

One of Gretta's recording session, in an alley!

Dan bahkan mengajak putri remajanya, Violet (Hailee Steinfeld), yang sesungguhnya sedang tidak akur dengannya. Singkat kata, rekaman Gretta berlangsung lancar. 

Dan and his rebellious yet lonely daughter, Violet
Tiba-tiba, Dave pun muncul kembali. Ia memohon maaf dan meminta Gretta untuk kembali berhubungan dengannya. Dilema menerpa hati Gretta, apakah semua ini “too good to be true” untuknya? Apa yang akhirnya Gretta pilih untuk menjalani akhir bahagia versinya? Bagaimana dengan Dan, apakah Gretta menjadi lebih dari sekadar titik balik dan kebangkitannya?

Do they have that other kind of attraction?

-----

ULASAN

Bisa dibilang, Begin Again adalah salah satu film favorit saya dari genre musikal. John Carney sendiri dapat dikatakan sebagai spesialis pembuat film genre musikal modern yang ceritanya tidak “menye-menye” menurut saya.
Seperti biasa, Mark Ruffalo membuktikan bahwa kapasitasnya sebagai aktor “rom-com” memang lebih bersinar ketimbang berakting murka dalam kulit hijau dan badan raksasa di rentetan film Marvel atau si keturunan pesulap brilian di Now You See Me. Beberapa film romantisnya seperti Just Like Heaven, 13 Going on 30, dan peran pembantu di salah satu film patah hati terbaik, Eternal Sunshine of the Spotless Mind, semuanya begitu adorable.
Sayangnya, akting Keira Knightley dan Adam Levine kurang bisa mengimbangi Mark. Mereka berdua tertolong oleh muka rupawan, busana keren, dan ya, suara yang membuai. Setidaknya, ada lagu “Lost Stars” yang dinyanyikan keduanya dalam versi berbeda, sama-sama enak didengar dan liriknya menusuk sampai ke kalbu! Tak salah jika Lost Stars masuk ke dalam nominasi Lagu Terbaik di ajang Academy Awards 2015 lalu.





Hailee Steinfeld dan James Corden, di lain hal, mampu memberikan akting baik, meskipun menit penampilan mereka tak banyak. Karakter Violet dan Steve tergambar jelas serta menarik perhatian, teringat terus walaupun film telah usai. 
Jika bingung siapa dua orang yang saya sebut ini, Hailee Steinfeld turut berperan dalam dua film Pitch Perfect, sebagai Emily Junk, si freshman berbakat. Juga bisa kita temukan aktingnya dalam film Ender's Game sebagai Petra Arkanian dan bakal menjadi pemeran utama di film spin-off Transformers, Bumblebee yang rilis tahun ini.
Sedangkan James Corden, bisa kamu cek sebagai host The Late Late Show dengan segmen hits The Carpool Karaoke. Terakhir, aktor komedi dan dubber animasi asal Inggris ini juga berperan di film Ocean's 8. Kalau pengisi suara, Corden ikut serta di film Trolls, Peter Rabbit, dan The Emoji Movie.
Kota New York yang dijadikan latar utama film ini, mengambil tempat-tempat yang memberikan kesan “hangat” dari Si “Big Apple di musim panas. Rekaman-rekaman lagu Gretta mengambil berbagai lokasi, mulai dari perahu di Central Park, pelataran Washington Square Gardens, stasiun kereta bawah tanah Manhattan, dan beberapa tempat lainnya.
Adegan favorit saya adalah ketika Dan dan Gretta berbagi “headphone”, mengambil lagu-lagu jadul dari pemutar musik Gretta. Ada lagu Frank Sinatra, Stevie Wonder, dan soundtrack film Casablanca. Sambil berjalan-jalan di Times Square dan masuk pula ke sebuah klab malam, berjoget dengan lagu berbeda dari pengunjung lainnya.

Tentu saja, sebagai film musikal, tak lengkap kalau tak membahas deretan lagu keren pengisi soundtrack Begin Again. Gregg Alexander, eks vokalis band New Radicals (dulu populer dengan lagu ‘You Get What You Give’ dan ‘Someday We’ll Know’), adalah penanggung jawab dari musik keren dalam film Begin Again. Semua lagu di album soundtrack Begin Again mantap jaya dan harus kamu dengarkan lengkap!
Begin Again mengantarkan pesan mengenai mengejar mimpi dan bangkit dari keterpurukan. Ditambah sebuah pengingat bahwa dunia mungkin saja akan berjalan tidak sesuai kemauan kita, namun selalu ada kesempatan untuk mengambil pilihan yang tak biasa, apa pun risikonya.

pic from Trendsmap

Seperti kata Dan, musik mampu menciptakan “mutiara yang indah” dari situasi sedangkal apapun. Musik pula yang membuat saya gemar memutar ulang film ini demi meresapi setiap nada yang mewarnai adegan-adegan berkesannya.
Saya memberi nilai delapan dari skala sepuluh untuk film Begin Again. 









A must watch, indeed!

All scene photos from IMDB website


You Might Also Like

0 comments

Komen dulu yuk, Kawans!