Jatuh Cinta Zaman 90an - Kasih Apa Ya Buat Gebetan atau Pacar Tersayang?

26.6.18



Halo, Kawans!

Masih aroma Lebaran dan kue-kue pun masih belum ludes di stoplesnya, saya mau ucapin

Selamat Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin, ya!

Lebaran bikin jari-jari saya lumayan kaku nih buat ngetik. Plus, mata dan bodi maunya rebahan melulu di kasur hahaha #EmangMalesAje. Saya sekarang lagi rajin main Twitter lagi, setelah lama dianggurin. Nah, salah satu hestek yang menarik, saya temukan namanya #PacaranJamanDulu.

Saya jadi punya ide buat bahas dari sisi anak 90’s, gimana sih waktu kita naksir, jatuh cinta, dan pacaran di era 90-an? Pastinya jauh beda ya sama Generasi Micin Pengabdi Tiktok masa kini, ye kaaan?

Asti udah bahas duluan tentang cara pedekate ala anak 90-an. Nah, saya mau nambahin deh, tentang hadiah-hadiah apa sih yang biasa dikasih buat meluluhkan si pujaan hati.

Sebelumnya, sepuluh kilas info (saking banyaknya ini informasi hahaha) dulu. Selama tahun 90-an (masa SD, SMP, SMA saya, tepatnya), saya sama sekali enggak pernah ngerasain jadian alias pacaran. Tapi, soal naksir-naksiran, lumayan lah bisa dibilang veteran (ini kudu bangga atau ngenes yak?).



Pertama kali saya suka sama cowok itu kelas 4 SD. Cowoknya tetangga dan udah SMA! Ebuset ya, saya demennya sama yang umurnya jauh di atas. Monmaap, emang yang lebih mateng itu lebih menggoda *ditimpukin kolor melar babeh*

Selanjutnya sih, saya seringnya suka sama kakak kelas. Favorit saya yang tipenya sporty dan bad boy. Standar yaaaa! Jocks always stole our hearts. Ada pula momen super malu-maluin, tapi yowis buka kartu aja deh sekarang, udah tua ini dah.

EHM...

Jadi, saya dulu ini cupu berat, mengarah ke malu-maluin. Pokoknya, I don’t think I’m pretty apalagi gaul, wedeh kagak banget! Udah gitu selera saya mencong banget dari selera dan hobi cewek kebanyakan. Sekarang sih kelihatannya keren, dulu boro-boro mikir begitu. Pikir saya, mana ada cowok mau sama cewek yang doyannya begadang main CM (game manajer bola) dan becandaannya modelan Komeng plus Kasino Warkop?


via GIPHY

Nah, sebenernya saya ini masih normal dalam selera cowok. Mata saya pasti nilai cowok dari kemasan luar dulu. Cuma, dasar gengsi kampret, saya pura-pura deh suka sama cowok yang idem cupunya. Alasannya? Demi enggak digencet kakak kelas geng Queen Bee.

Maklum, apalagi pas SMP, saya clash dengan geng Queen Bee ini gara-gara dipandang nyolot atau berani menyuarakan vokal dengan gaya menantang. Yah, saya emang anti banget sama bullying dan senioritas, yang sialnya kental banget di sekolah saya dulu.

Jadi, makin parno dong, kalo ketahuan suka sama cowok-cowok populer juga, abis lah hidup damai ini. Dengan sangat menyesal, saya turunin deh harga diri dengan (pura-pura) suka sama cowok yang ancur, seancur-ancurnya!


via GIPHY

Sandiwara sih sandiwara yaaaa! Padahal nih diem-diem saya suka teleponin beberapa cowok populer. Pretending to be a mysterious girl. Tentu saja, enggak diumbar-umbar deh ke temen satu sekolah. Edan, mau ditaruh di mana muka ini, ketahuan kecentilan begitu hahaha!

Yang tahu palingan temen-temen saya beda sekolah. Soalnya mereka suka ikutan nimbrung juga. Hidup suara misteri!

Kalo ada temen-temen SMP dan SMA saya yang baca ini, selamat Anda baru saja tertipu dalam sejarah pertemanan dengan saya. *ngumpet di balik gerobak mie ayam*

Cukup ya pembukaan penuh aib masa lalu ini. Jangan tanya siapa aja cowoknya, urang ge era


via GIPHY

Yang bakal saya share di sini adalah beberapa hadiah yang saya pernah kasih ke cowok-cowok gebetan. Hadiah-hadiah ini es-te-de pada zamannya, tapi masih membekas banget sampai sekarang. Apa saja sih kado buat si pujaan hati era 90-an?


1. Salam lewat DUDU
Wahai kamu yang naksir tapi masih malu-malu kucing garong kebelet kawin, titipin salam lewat saluran ini emang paling bener. Entah di majalah dinding (mading) atau di majalah cetak sekolah, rubrik DUDU alias Dari, Untuk, Dengan Ucapan ini selalu diserbu. Sebagai mantan anggota redaksi majalah sekolah, lumayan deh nyortirin DUDU ini dan tak lupa saya ikut nyelipin juga dong! Kagak mau rugi hahaha.

DUDU di mading
Pic : says.com

Lumayan deh buat bikin deg-degan kalau nemuin ada salam nyempil buat kita dari someone. Entah siapa itu yang nitipin salam, apakah si gebetan atau cowok mesum yang bikin kita ilfil saking ngejar-ngejar melulu hehehe.


2. Request lagu di radio
Prestasi terbesar dalam usaha mengumumkan pada dunia, betapa kita sedang jatuh cinta adalah dengan kirim request lagu ke radio anak muda paling hits! Waktu zaman saya dulu, tentu saja Prambors Jakarta jawabannya. Dan berhubung ponsel belum ada, apalagi media sosial, jadi kita bergantung sama telepon rumah. Kalau niat lebih, kirim pesan via fax di kantor bokap atau wartel.
Pilihin lagu kesukaan si gebetan, disertai salam manis. Lebih kece lagi kalau request-nya on air. Beuhhh, berasa jadi yang paling keren sedunia dan yang lain cuma penari latar doang!


via GIPHY

Kadang, saking isengnya, saya suka memantau juga acara request. Siapa tahu ada anak sekolah saya yang ke-gap ngirim salam di acara malem-malem. Dipikir udah enggak ada yang denger kali ya, padahal ada kuncen radio masih nangkring!


3. Cokelat Silverqueen dan Toblerone
Enggak harus nunggu Valentine’s Day, kalau ada orang yang ngasih kita cokelat, itu pertanda kita begitu dicintai dan digilai. Dua cokelat yang biasanya jadi patokan adalah Silverqueen dan Toblerone. Ngasih Choki-choki atau Cokelat Jago? Siap-siap aja dijutekin. Lain soal sih kalau kasihnya Ferrero Rocher, mata langsung ijo hehehe.

Cokelat Toblerone yang sekarang bentuknya beda dari versi 90-an
Pic : Feedme.id

Cokelat ini juga sering jadi bahan kerjaan para senior ngehek pas Ospek. Udahlah kudu beli cokelat, kudu bikin surat cinta, orangnya juga kagak kenal, dan ujung-ujungnya diketawain panitia, plus cokelatnya dimakan rame-rame. Ahelah seratus juta kutu kupret pokoknya!

Ospek alias MOS yang bikin GMZ
Pic : Hipwee
Saya ada pengalaman nyebelin nih. Pernah mau ngasih cokelat Silverqueen buat cowok yang saya suka, Si Kakak Tetangga yang Udah SMA itu lho. Nah, nitipin dong sama temen. Tahunya, itu cokelat malah diembat doi! Dan baru ngomong sebulan kemudian! 

Pas tahu cokelat buat gebetan malah diembat temen yang dititipin itu rasanya ...
Pic : Line Today

Ngenes inget sisihan duit jajan, mending dipakai buat beli Chiki dan ngelengkapin koleksi Tazos kan?




4. Mixtape
Tahu apa selera musik gebetan, biasanya dapat nilai plus. Senjata utama tentu saja, kita bikinin mixtape, yaitu kaset rekaman kompilasi lagu-lagu favorit. Biasanya lagu-lagu ini satu tema dan lebih kece lagi kalau menyiratkan pesan isi hati kita, eciyeh!


via GIPHY

Rekaman ini bisa dibuat dengan ngerekam dari kaset artisnya langsung (pembajak, woi!) atau ngambil dari siaran radio. Biasanya, saya cari di radio yang jarang ada penyiar cuap-cuap heboh. Andalan saya, Radio Sonora, walaupun kudu waspada sama semacam time reminder per setengah jam yang suka motong lagu.
Saya pernah nih bikin mixtape ini buat cowok tetangga lainnya pas SMP. Dia penggemar brit rock, jadi saya rekamin lagu-lagu Oasis, Suede, dan sebagainya.


Plus, saya bikinin juga semacam buklet isi lirik lagunya. Jangan tanya perjuangan saya cari itu lirik. Mulai dari ngais-ngais minjem CD, berburu di majalah MBS, sampai dengerin sendiri.
Hasilnya? Pas nganterin itu kado, si cowok lagi disamperin sama pacarnya! Sedap, yak? *ngorek-ngorek tanah bareng ayam Pak Erte*
Demikian adanya :(
Pic : Line Today


5. Dinyanyiin pakai gitar via telepon
Bisa genjrang genjreng gitar sambil nyanyi, jelas jadi standar pergaulan masa 90-an. Bermodalkan majalah MBS, biasanya pada menjelma deh jadi musisi dadakan. Buat yang hopeless buat request ke radio atau ogah ribet bikin mixtape, pilihan jatuh ke hadiah ini : nyanyiin aja lewat telepon!


via GIPHY

Saya pernah nih kejatuhan rezeki dikasih hadiah ini sama seorang cowok. Masih inget, lagu yang dia nyanyiin adalah Kasih Jangan Kau Pergi dari band Bunga (alm. Galang Rambu Anarki yang gantengnya kebangetan itu lho!). Lagu ini sangat hits kira-kira pas masa akhir SMP saya.



Rasanya melayang sampai ke genteng tetangga pas dinyanyiin lagu ini lewat telepon lengkap dengan iringan gitar akustik. Yang mana kalo dipikir dan diinget lagi, itu suara ke mana, melodi gitar ke mana pula hahaha. Susah sih kalau lagi kasmaran. Suara Mandra pun kedengeran kaya Liam Gallagher dah!

Siapa yang menyanyikan? Biarkan saya dan kabel telepon saja yang tahu. Pastinya sih bukan cowok dari satu sekolah dan akhirnya pun kita enggak jadian. *sok misterius*


Yak, itulah daftar hadiah sekaligus bonus bongkar aib jomlo mletek saya di masa remaja. Kamu sendiri, ada enggak pengalaman Jatuh Cinta Masa 90-an yang susah dilupakan? Share atuh di kolom Komentar, siapa tahu kita bisa berbagi memori dan derita barengan, yes!




You Might Also Like

2 comments

  1. kaset.. perjuangan bgt itu

    ReplyDelete
  2. nyari gif-nya niat kakaaakkkkk 🤣🤣🤣🤣 gue ngikik2 inihh sama gif-nya

    ReplyDelete

Komen dulu yuk, Kawans!