Tujuh Komik Jepang Ini Bikin Masa Kecil Saya Jadi Super Bahagia!

18.4.18




Hai, Kawans!

Back to the 90’s battle yang saya gelar barengan Asti Wisnu masuk ke ronde pertama, nih! Buat episode pembuka, pilihan topik jatuh ke sesuatu yang sama-sama jadi hobi masa kecil kita berdua. Siapa tahu kamu dulu punya hobi yang sama hehehe.

Di era 90-an, peta perkomikan yang sebelumnya banyak didominasi terbitan Eropa dan Amerika, mulai tergeser oleh masuknya manga terjemahan. PT. Elex Media Komputindo dari grup Gramedia bisa dibilang menjadi pelopor masuknya komik-komik Negeri Matahari Terbit ke Indonesia.

Cakupan genre pun sangat luas. Rasanya enggak lengkap kalo anak 90's enggak punya satu judul komik Jepang dari Elex nangkring di lemari buku.

Nah, saya dan Asti bisa dibilang kutub yang berbeda soal selera komik. Walaupun, kita sama-sama book worm kelas paus biru.

(Baca juga ya pilihan komik Jepang 90's Asti di sini)

Tumbuh dekat dengan adik laki-laki saya yang cuma selisih umur satu tahun, otomatis selera kami pun bersinggungan. Saya bukan tipe cewek feminin dan lebih mencari komik yang punya dua elemen penting : action dan komedi!

Singkat kata, shounen manga yang segmennya untuk anak cowok jadi favorit saya ketimbang shoujo manga untuk anak cewek.

Bukan berarti saya anti shoujo manga, ya! Saya masih mau kok membaca komik-komik cewek dan memiliki beberapa judul di antaranya. Namun, boleh dikata, shoujo manga tidak memiliki kesan mendalam buat saya, karena ceritanya terlalu mudah ditebak dan lagi-lagi kurang bisa memenuhi tuntutan adrenalin serta perut yang butuh dikocok hehehe.

Merangkum masa kecil saya yang gedubrakan dan absurd, inilah tujuh komik Jepang alias manga yang bikin Winda kecil makin pecicilan.


1. Doraemon (Fujiko F. Fujio)

pic from : carousell.id

Every 90’s kid will have this on their top of mind! Entah komik atau kartunnya, si robot kucing dari abad dua puluh dua ini memang abadi selamanya melewati berbagai generasi. Doraemon adalah komik Elex pertama yang saya punya. Saya dulu sampai hafal berbagai alatnya dan khusus beli buku yang isinya mengupas alat-alat canggih bin ajaib Doraemon.
Favorit saya sih, masih si roti hafalan untuk ujian dan taplak yang bisa ngeluarin makanan apapun keinginan kita. TETEP URUSAN PERUT NOMER SATU!

pic : goodreads

Tapi, nih, kalo misalnya boleh pilih, saya lebih suka baca Doraemon Petualangan. Soalnya ceritanya lebih panjang dan seru, ketimbang Doraemon biasa yang biasanya berkutat antara Nobita pusing sama sekolah, dibully Giant, atau galau sama Shizuka.


2. Kungfu Boy (Takeshi Maekawa)

pic : komikgue.com

Chinmi bisa dibilang adalah pahlawan fiksi masa kecil saya, selain MacGyver. Semangat juang dari ahli bela diri dari Kuil Dairin ini emang jempolan! Apa yang bikin komik ini menarik adalah pesan utama bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha. From zero to hero, benang merah dari setiap perjalanan Chinmi terbentang dengan berhasil menguasai satu demi satu jurus serta mengalahkan musuh sesulit apa pun. Kudu semangat gini nih buat hadepin barisan emak nyinyir.
Bagian paling berkesan dari Kungfu Boy adalah waktu Chinmi berguru pada Guru Yosen, si pemabuk uzur yang terkenal dengan jurus Kungfu Peremuk Tulang. Adegan east versus west yang disuguhkan lewat pertarungan kungfu Chinmi lawan petinju Dick Steiner. 
Selain kisah jadi murid Guru Yosen, arc terakhir yang melibatkan arena kompetisi bela diri pun termasuk super seru. Pertarungan di beberapa volume terakhir pun tergolong sangat emosional karena Chinmi harus melawan salah satu rival sekaligus sahabat karibnya, Sie Fan.

pic : bukabuku.com

Sekarang, Chinmi terbit dalam seri Kungfu Boy Legends. Namun, di hati saya, Kungfu Boy yang terbit di era 90-an lebih memikat. Apalagi ilmu kebajikan yang terselip dalam cerita terasa lebih jelas dalam petualangan yang lebih variatif.


3. Dragon Ball (Akira Toriyama)

pic : bukalapak.com

Ada yang bilang, urusan cerita berbau saga alias turun temurun, komik ini juaranya. Sempat pula ada selentingan, model saga ini pula yang menginspirasi Masashi Kishimoto menciptakan manga populer, Naruto. Pastinya, Dragon Ball menggabungkan fantasi, aksi, dan komedi dalam porsi yang pas, menurut saya. 
Di volume-volume awal, petualangan Son Goku dan Bulma, memang masih berfokus pada pencarian bola naga, sesuai judul. Namun, lama-kelamaan, cerita bergeser pada pertarungan demi pertarungan melindungi bumi dari deretan penjahat yang hendak menghancurkan planet ini.
Dari komik ini pula, banyak anak yang jadi jago mempraktikkan jurus legendaris Kamehame-Ha! Lucunya, walaupun tokoh yang ada di komik ini jumlahnya bejibun, saya bisa mudah mengingat dan membedakan mereka. Keunikan yang terlihat jelas menjadi alasan utama.

Pasukan Ginyu!
pic : duniaku.net

Siapa tokoh favorit saya? Son Gohan yang sering canggung, namun penyayang tentu yang paling menarik perhatian saya. Plus, pasukan Ginyu yang ada di arc Planet Namec. Pose mereka tetap enggak terkalahkan deh caur-nya! Mungkin bisa kita coba buat menuhin IG story kalau nanti saya kopdar sama sesama penggemar pasukan gelo ini yaaa! 


4. Magic Ball Danpei (Tetsuhiro Koshita)

pic : fjb kaskus

Semasa SD, ini permainan sekaligus olahraga favorit saya, bola lempar alias dodge ball. Salahkan komik ciamik yang satu ini : Magic Ball Danpei. Sepuluh volume semua saya lahap habis dan benar-benar dihayati setiap ceritanya. Ichigeki Danpei yang selalu semangat, tak minder dengan tubuh kecilnya. 
Komik ini pula penyebab saya tiap sore maunya main bola lempar, walaupun kemampuan olahraga saya pas-pasan macam duit lima puluh ribuan di tengah bulan begini. Terbayang muka berapi-api Danpei, walaupun badan saya juga perih banget digebokin bola kaki plastik sama temen-temen sepermainan, pokoknya maju terus!
Danpei yang juga urakan, enggak hanya mempertahankan nama baik klub sekolahnya, SD Tamagawa dari sesama tim dodge ball sekolah lain. Namun, ada beberapa kesempatan, ia menjaga nama baik olahraga dodge ball melawan atlet olahraga lain, seperti sepakbola dan bola basket.

pic : priceaz

Komik ini ditutup dengan sebuah momen yang menurut saya, cukup epik sekaligus mengharukan. Danpei berusaha untuk membuktikan bahwa ia bukan hanya sekadar bayang-bayang sang Ayah, namun memang mewarisi kehebatan yang sama.


5. Dr. Slump (Akira Toriyama)

pic : komik gratisan online

Ternyata, selain jago bikin komik action, Akira Toriyama juga pinter bikin komik super kocak seperti ini. Tokoh utama komik Dr Slump, Arale-chan, si robot anak cewek yang lugu, tapi kuat banget, juga muncul dalam salah satu arc cerita petualangan Son Goku. Tepatnya, waktu Goku nyasar ke Desa Penguin saat melawan kelompok Red Ribbon dan mencari seseorang untuk bantu memperbaiki dragon radar yang rusak.
Komik ini sebenarnya dulu saya baca bukan dari terbitan Elex, tapi dari komik murah (dan katanya KW). Terjemahannya aja ngaco berat hahaha. Tapi, justru kekacauan itu yang bikin saya jatuh cinta. You gotta have one hell sense of humor to understand this manga
Banyak lelucon slapstick dan parodi yang bersliweran dalam adegan-adegan Dr Slump. Yah, kalau boleh jujur, konsumsinya buat remaja ya, karena ada konten berbau seksual juga di dalamnya. Wong, si profesor Senbei itu mesum bener!

Tokoh receh di Dr. Slump
pic : youtube
Ada tokoh-tokoh receh yang bikin komik ini makin berwarna. Misalnya, alien-alien geje, Superman yang narsis tapi cemen, belum lagi pasukan polisi yang mirip Troopers-nya Star Wars. Dan yang paling memorable adalah Arale yang doyannya comotin serta bawa-bawa tinja yang ada di jalan! Mungkin kalau Arale hidup di jaman now, dia pasti udah diendorse sama obat cacing hahaha!


6. Break Shot (Takeshi Maekawa)

pic : buka lapak

Takeshi Maekawa menyumbang dua komik di daftar saya. Seperti halnya Magic Ball Danpei, saya jadi belajar main biliar karena teracuni komik Break Shot. Nama tokohnya masih sama dengan Kungfu Boy, Chinmi. Namun, sekarang ia seorang siswa SMA yang menekuni bola sodok.
Masih dengan tipe karakter yang serupa, Chinmi kerap diremehkan. Namun, ia pantang menyerah dan mempelajari banyak teknik biliar, (andalan Chinmi adalah jumpshot) sampai yang kelihatan mustahil! Bayangkan shot yang bisa bikin bolanya terbang, dobel pula, macam ular berkepala dua! Cuma ada di komik yang satu ini tentunya hehehe.

Jumpshot andalan Chinmi
pic : malesbanget.com

Ada lagi persamaan dengan komik Kungfu Boy, misalnya arc East versus West yang dituangkan dalam turnamen biliar antara Jepang dan Amerika Serikat. Lalu, Chinmi sering dihadapkan pada situasi yang membuat dirinya terluka dan terjepit dalam pertandingan, biar makin dramatis  perjuangannya. Dramatisnya ngalahin drama diving Liga Italia Seri A, deh!


7. Astro Boy (Osamu Tezuka)

pic : buka lapak

Pilihan komik ketujuh sempat bikin saya bingung. Soalnya masih banyak komik yang saya suka, tapi akhirnya komik legendaris ini juaranya. Si robot yang punya banyak kisah menyentuh, Atom. Komik sci-fi ini memang mengambil latar di masa yang jauh ada di depan. Namun, kecanggihan teknologi tidak serta merta membuat bumi jadi tempat yang lebih baik.
Atom lahir dari susahnya seorang ayah move on dari kematian putranya. Namun, apa daya jiwa yang kosong, membuat sang Ayah, seorang ilmuwan jenius, malah menjadi semakin tak manusiawi. Saya merasa banyak diaduk-aduk emosinya saat membaca Astro Boy. Apalagi ketika Atom dibuatkan keluarga robot pula dan ternyata masih saja di-bully oleh manusia. Padahal, jasa Atom luar biasa besar dalam menyelamatkan bumi.

Astro Boy dan adik perempuannya, Uran
pic : matome.naver.jp

Dari Astro Boy, saya belajar banyak tentang arti toleransi dan ketulusan menolong. Sesuatu yang makin tenggelam oleh teriakan-teriakan antipati dan kebencian di era millenial ini. Astro Boy pernah diadaptasi pula menjadi animasi. Namun, saya lebih suka membaca cerita aslinya demi kemurnian pesan yang disampaikan oleh sang kreator, Osamu Tezuka.


Nah, itu dia komik-komik 90-an pilihan saya. Beberapa masih bisa kamu nikmati dengan meminjamnya, membeli komik seken di marketplace, atau ada pula komik-komik Elex yang dicetak ulang dengan tampilan baru (dan harga sepuluh kali lipat dari zaman dulu).
Adakah pilihan saya ini yang juga kamu suka? Ceritakan pendapat atau kesanmu di kolom Komentar, ya!



You Might Also Like

7 comments

  1. astro boy.. suka jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih ceritanyaaa! Kayanya Si Atom suka disalah mengerti karena dia robot, hiks!

      Delete
  2. DR SLUMP MY FAAAAV 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kacau kacrut kocak to the max! Mau manga atau animenya, bocor semua deh hahaha. Apalagi dengan tambahan tokoh-tokoh geje macem si Superman itu. Paling suka sama siapa Na di Dr Slump?

      Delete
  3. dragon balll!!!!!!!!!!!!!! gue koleksi posternyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayooo siapa yang paling keren di antara semua jagoannya? Paling suka kalo udah ikut yang kejuaraan bela diri itu deh, Tenka Ichi Budokai

      Delete
  4. Yg aku koleksi komplit dragon ball. Tp aku banyak seneng ama komik zaman dulu sih. Yg paling sebel itu topeng kaca. Capek2 ngumpulin trus gantung gitu aja. Rasa pengen dipites pengarangnya.

    Ada 1 lg, tp kok lupa malah judulnya.. Sama juga tuh, gantung tanpa penjelasan. Ceritanya ttg jagoan judo gitu :D.

    ReplyDelete

Komen dulu yuk, Kawans!