Allah Selalu Ada Untukku - Buku Islami Anak yang Menyentuh dan Sedap Dipandang

2.3.18



Halo kawans!

Maaf ya saya hilang lama dari peredaran. Ada kelas menulis fiksi yang harus saya jalani dan kesibukan di sebuah komunitas online baru. Belum lagi badan remuk gara-gara nyeri bulanan yang menghebat, huft! Jadi, walaupun udah planning mau nulis apa, begitu di depan laptop, buyar aja gitu tenaga dan niat menulis.

But, now I’m back!

😎😎😎

Saya akan mengulas sebuah buku anak. Tapi ini bukan sembarang buku, lo! Buku ini adalah buku Islami pertama yang sukses bikin saya mewek! Bahkan buku-buku agama yang bahasanya penuh untaian bunga surga, biasanya sukses bikin saya menguap.



Nah, penasaran? Apa istimewanya buku ini? Kita simak dulu data bukunya.



-----

Judul buku : Allah Selalu Ada Untukku
Jenis buku : cerita bergambar (cergam)
Genre : Anak, Religi, Non fiksi
Penulis dan Ilustrator : Amalia Kartika Sari
Tebal : 48 halaman (full color)
Penerbit : The Gang of Fur Books, Bandung
Cetakan : 1, 2017
Target usia pembaca : 3-5 tahun
Harga : Rp. 90.000 (lewat PO) / Rp. 98.500 (ready stock)

-----


BLURP



Lihatlah di sekelilingmu, betapa banyak nikmat yang tak bisa dihitung dengan jari-jari kecilmu.
Dari mana ya datangnya?

Orang tua dan keluarga yang sayang padamu, bumi yang luas, laut yang dalam, dan langit yang berhias gemerlap bintang. Siapa ya yang  menciptakan dan mengatur semuanya?

Siapa Yang Mengabulkan doamu?
Siapa Yang Mengetahui setiap perasaanmu?
Siapa Yang selalu ada untukmu, menjaga, memelihara, melihatmu setiap waktu di mana pun kamu berada?

Hanya Allah, Rabb yang satu, tak ada yang lain yang mampu melakukan semua itu.

-----

ULASAN

Saya termasuk orang yang mengenal buku-buku TheGang of Fur (TGOF) Books sejak awal pertama mereka mengeluarkan buku Allah Ciptakan Tubuhku (ACT). Waktu itu, saya iseng melihat penawaran dari sang penulis dan ilustrator berbakar, Amalia Kartika Sari (atau akrab disebut Mamamel) di grup emak-emak alumni kampus.

Ternyata, di luar dugaan, buku ACT ini booming! Sebanyak 10.500 eksemplar ACT ludes di edisi perdananya, luar biasa! Setelah itu, TGOF mengeluarkan tiga board book yang temanya pembelajaran dasar : abjad, angka, dan mengenal Islam. Ada pula buku jurnal syukur untuk anak dan ibu. Namun, saya melihat kesuksesan seri board book anak ini belum menandingi ACT.

Hingga di penghujung 2017, dibukalah pre order (PO) buku sekuel ACT : Allah Selalu Ada Untukku (ASAU). Buku ini seperti ACT, termasuk dalam seri Allah Sayang Padaku. Dibuat dengan halaman matte full color dan sampul hard cover, buku ini menyasar anak usia prasekolah (3-5 tahun), walaupun bisa juga dibaca anak usia sedikit di atasnya (6-7 tahun).

Apa yang membuat buku 48 halaman ini begitu menarik?

Pertama, tentu ilustrasinya. Mamamel adalah ilustrator berbakat dengan gaya menggambar yang sangat khas. Gambarnya cute dan campuran warna yang digunakan memikat mata. Saya melihat ciri khas ilustrasinya yang sangat feminin. Emak-emak pasti suka, deh! Misalnya, ornamen-ornamen hati, bunga, sulur-sulur, cantik khas shabby chic masa kini.

Cara Mamamel menggambarkan berbagai isi alam semesta juga menarik bagi anak-anak. Favorit Aryo dan Nara, dua jagoan cilik saya, adalah pemandangan dalam laut. Mereka akan menyebutkan makhluk penghuni laut dengan antusias dan lama-lama berebutan, berdebat seru (seperti biasa!).



Kedua, cakupan topik yang dibahas dalam buku ASAU ini begitu beragam. Inti dari buku ASAU ini adalah mengupas apa saja sih hal-hal dalam hidup yang patut kita syukuri? Terus, kita disadarkan bahwa dalam kondisi apapun, Allah SWT selalu hadir memberikan rahmat-Nya untuk kita.

Kata-kata yang digunakan dalam penceritaan tergolong sederhana. Tetapi, bagi saya, kesederhanaan ini jadi terasa tulus banget. Benar-benar mirip suara lembut seorang ayah atau ibu yang menasihati anaknya dengan kisah sebelum tidur. Nancep!

Bagian yang paling membuat saya nyesss di hati (dan di mata!) adalah tentang keluarga. 



Saya tertampar banget. Malu rasanya, saya masih suka mengeluh dengan tanggung jawab sebagai seorang mama. Padahal, menjadi orang tua dari Aryo dan Nara adalah sebuah anugerah. Saya yang spesial dipilih untuk mengandung, melahirkan, dan membesarkan mereka.

Menyesal seubun-ubun berasa ibu paling durhaka sedunia.

😭😭😭

Bagian favorit saya lainnya adalah emosi. Banyak emosi yang diperkenalkan dengan gambar ekspresi yang lucu, bukan hanya emosi standar seperti bahagia, sedih, dan marah saja.



Perlu alasan lagi buat beli dan baca buku ASAU? Keburu ludes di pasaran, Jon! Pesanan batch pertama saja sudah terbeli sejumlah 15.000 eksemplar. Sekarang ada PO waiting list batch 2 pun hanya dibatasi 3.000 eksemplar saja. Buruan, jangan kelamaan galau!

Buku ASAU ini memang hanya tersedia online dengan harga yang cukup mahal, Rp. 90.000 jika ikut PO dan Rp. 98.500 untuk ready stock. Namun, saya sangat maklum dengan penghargaan terhadap ide dan kerja keras Mamamel menghasilkan buku sekeren ini.

Plus, mencetak buku full color seperti ini tentu tingkat kesulitannya sangat tinggi. Saya lihat di Indonesia, belum ada buku yang sejajar soal ilustrasi berkualitas premium ini dengan harga masih di bawah Rp. 100.000,-

Sejauh ini, buku-buku The Gang of Fur masih jadi peringkat pertama untuk buku anak lokal di hati saya.

💖💖💖

So, I proudly announce my final verdict :



10 out of 10 stars!




You Might Also Like

10 comments

  1. wow jadi penasaran. ditoko buku mana ya kalo di pasaran?

    ReplyDelete
  2. Wah bukuku ini baru datang tadi sore. Seneng banget, bac blog ini. Pas banget. Jadi kerasa semangatnya untuk bacain buat Luigi. Makasih ya mb reviewnya. ACT nya belum punya. Cuzzz cari hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, duh maaf banget telat upload commentsnya :(

      Semua buku The Gang of Fur keren dan wajib punya! Jujur, bisa dibilang, produk-produknya termasuk buku islami anak terbaik yang ada di pasaran saat ini.

      Delete
  3. Menarik mak..
    Buku yang full colour, tapi sarat makna. Thx referensinya😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mak! Saya yang udah dewasa aja seneng banget bacanya. Malah kayanya lebih sering saya yang buka ketimbang anak hahaha. Apalagi ada cuplikan ayat-ayat, saya jadi suka buka lagi lihat ayat aslinya.

      Delete
  4. Replies
    1. Asyik! :)
      Siapa tahu nanti Sasya bisa bikin buku keren kaya begini yaaa, Teh Shanty.

      Delete
  5. Buku yang bagus dan highly recommended ya. Boleh tau beli di toko online mana ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info reseller ada di IG-nya @thegangoffur, sudah dikelompokkan berdasarkan area domisili :)

      https://www.instagram.com/thegangoffur/

      Banyak kok yang jualin online.

      Delete
  6. Wah ketemu review keren.
    Emang kereeen, kalau ada yg membutuhkan buku ini or buku lain bisa cek IG @rumahbacahijrah. *eh maap buka lapak mba 😂

    ReplyDelete

Komen dulu yuk, Kawans!